Kamis, 27 Oktober 2016

Caranya Cek NUPTK | Dapodik | PTK | Data Guru Terbaru 2022

Bagaimana Bagaimana Cara Cek NUPTK | Dapodik | PTK | Data Guru? Seiring perkembangan zaman, pemanfaatan teknologi sudah diterapkan di berbagai aspek kehidupan mulai dari perusahaan, pemerintah pusat sampai pemerintah daerah serta berbagai instansi lain. Kementerian Pendidikan rupanya juga sudah menerapkan kemajuan teknologi ini untuk keperluan pendataan guru, tenaga kependidikan ataupun jumlah siswa yang ada di sebuah sekolah. Dan mulai tahun 2013, Kementerian Pendidikan telah membuat sistem online untuk pendataan Data Pokok Pendidik atau disebut dengan DAPODIK. Dapodik dari seluruh guru bermuara di Direktorat P2TK Diknas (Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Kegunaan dapodik selain sebagai arsip data untuk kementerian juga digunakan sebagai acuan dalam mengeluarkan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) bagi para guru.
Bagaimana Cara Cek Data Dapodik Guru
Dapodik yang berisikan data pendidik dan tenaga kependidikan (guru dan pegawai yang bekerja di sekolahan) ini diisi sendiri oleh pihak sekolah yang menunjuk seorang admin melalui aplikasi online yang sudah disediakan oleh Direktorat P2TK Diknas dan nantinya akan tersimpan di server pusat dapodik Kementerian Pendidikan pusat. Data dapodik mencakup data sekolah, data pendidik dan juga data peserta didik/ siswa. Ketiga data tersebut selalu diupdate jika terjadi perubahan seperti pada tahun ajaran baru, siswa yang pindah atau masuk serta kenaikan pangkat dari para gurunya. Diharapkan dengan adanya aplikasi dapodik, data yang ada di pusat semakin akurat dan mudah dalam pendataan.
Bagaimana Cara Cek Data Dapodik GuruBagi Kamu para guru yang merasa sudah memenuhi data di Dapodik dan sudah dinyatakan valid dengan jam mengajar 24 jam, maka bersiaplah menerima kabar gembira dengan turunnya tunjangan profesi. Dan untuk mengecek data sudah valid atau belum, maka setiap guru atau sekolah bisa mengecek langsung di website P2TK Dikdas yang beralamatkan di p2tkdikdas.kemdikbud.go.id. Jiks website tersebut sangat sulit untuk dibuka, ada beberapa alternatif lain untuk membukanya yakni melewati beberapa mirror yang disediakan oleh P2TK Dikdas. 
Beberapa website mirror tersebut seperti :

Jika salah satu website sulit dibuka, pilihlah beberapa pilihan website di atas. Setelah bisa masuk dan tampilan sudah sempurna, loginlah dahulu dengan mengisi form login verifikasi data PTK dengan memasukkan nomor NUPTK yang Kamu miliki dan password dengan mengisi tanggal lahir Kamu dengan format tahun, bulan dan tanggal lahir Kamu.

Contoh: jika Kamu lahir pada tanggal 17 Juli 1988, maka password yang harus Kamu tulis 19880717. Setelah proses login berhasil, maka akan ditampilkan data dapodik Kamu dan di situ akan ditampilkan keterangan data dapodik Kamu sudah valid atau belum. Jika, maka SK Tunjangan Profesi bisa Kamu cetak. Demikian tutorial Bagaimana Cara Cek data dapodik guru dan semoga membantu.Terkait :
  1. Bagaimana Cara Cek Tagihan PDAM
  2. Bagaimana Cara Cek Saldo Bank BCA
  3. Bagaimana Cara Cek Saldo Bank Mandiri
  4. Bagaimana Cara Cek Saldo Bank BRI
  5. Bagaimana Cara Cek Tagihan Speedy
  6. Bagaimana Cara Cek Driver Komputer
  7. Bagaimana Cara Cek Saldo Jamsostek
  8. Bagaimana Cara Cek SK Sertifikasi Guru
  9. Bagaimana Cara Cek Saldo Bank BNI
  10. Bagaimana Cara Cek IP Address
  11. Bagaimana Cara Cek SK Tunjangan Profesi
  12. Bagaimana Cara Cek Harddisk
  13. Bagaimana Cara Cek Email Yahoo
  14. Bagaimana Cara Cek Domain
  15. Bagaimana Cara Cek Cendol
  16. Bagaimana Cara Cek CDI
  17. Bagaimana Cara Cek Backlink
  18. Bagaimana Cara Cek Data Dapodik Guru
  19. Bagaimana Cara Cek Barang di Tiki
  20. Bagaimana Cara Cek Barang di JNE
  21. Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Caranya Cek NUPTK | Dapodik | PTK | Data Guru Terbaru 2022 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Asmakah

0 komentar:

Posting Komentar