Rabu, 02 November 2016

Caranya Cek CDI Pada Motor Terbaru 2022

Bagaimana cara mengecek CDI? Seiring berjalannya waktu, berbagai peralatan yang ada di motor pasti akan rusak karena semua komponen tersebut bersifat sementara. Kerusakan komponen itu bisa mengakibatkan beberapa kendala dari yang ringan sampai berat seperti motor tidak mau dihidupkan. Jika motor sampai mogok tidak mau dihidupkan, biasanya kerusakan terjadi pada sistem perpiannya yang meliputi busi, koil atau CDI. Jadi pengecekan bisa dilakukan dari busi dahulu, koil dan terakhir CDI. Dan pada tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengecek CDI apakah masih baik atau sudah mati total.Bagaimana Cara Cek CDI Pada Motor
CDI (Capasitive Discharge Ignition) merupakan pengganti dari platina yang sering kita dengar di zaman dulu. CDI berfungsi sebagai pengontrol tegangan dan waktu pengapian ke koil pengapian. Kapasitor di dalam CDI akan menyimpan listrik sementara dan jika ada sinyal dari pulser/ sensor maka CDI akan mengalirkan listrik tersebut ke koil. Jika CDI rusak, maka dipastikan listrik yang dialirkan dari busi tidak akan sampai ke koil dan itu akan membuat motor tidak bisa dihidupkan.
Cara Mengecek CDI, Mendeteksi KerusakannyaAda beberapa cara untuk mengecek CDI di motor kita. Pengecekan bisa dilakukan dengan urutan apakah ada api di kabel koil, lalu ke sepul dan terakhir baru ke CDI. Jika motor tiba-tiba mati di tengah perjalanan, hendaknya kita menepi dahulu dan carilah tempat yang aman. Setelah mendapatkan tempat yang dirasa aman dan nyaman untuk membongkar motor, bukalah cop busi lalu dekatkan kabel ke busi dan coba hidupkan motor. Jika di cara ini tidak ada percikan api dari busi, maka bisa dipastikan kerusakan yang terjadi di sistem pengapiannya. 
Untuk memastikan sistem pengapian mana yang rusak, coba cek dahulu kondisi aki, sepul dan sekring masih bekerja normal atau tidak. Jika semua bekerja secara normal, coba cek bagian koil. Coba lepaskan soket positif dari CDI dan tempelkan ke ground lalu starterlah. Jika tidak keluar percikan api, bisa dipastikan CDI rusak dan waktunya untuk diganti. 
Selain itu, Bagaimana Cara Cek CDI rusak atau tidak juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat ukur avometer. Caranya, setel dahulu avomoter di sinus 200 Volt. Hubungkan kabel merah avometer ke kabel CDI yang menghubungkan ke koil. Sedangkan kabel hitam avometer hubungkan ke bodi motor. Setelah itu nyalakan motor dengan starter dan lihatlah avometer apakah ada arus tegangan yang keluar dari CDI atau tidak. Jika tidak ada arus listrik dari CDI, maka dipastikan CDI sudah dalam keadaan rusak dan gantilah dengan CDI yang baru. 
Semoga panduan Bagaimana Cara Cek CDI di atas, dapat membantu.Terkait :

  1. Bagaimana Cara Cek Tagihan PDAM
  2. Bagaimana Cara Cek Saldo Bank BCA
  3. Bagaimana Cara Cek Saldo Bank Mandiri
  4. Bagaimana Cara Cek Saldo Bank BRI
  5. Bagaimana Cara Cek Tagihan Speedy
  6. Bagaimana Cara Cek Driver Komputer
  7. Bagaimana Cara Cek Saldo Jamsostek
  8. Bagaimana Cara Cek SK Sertifikasi Guru
  9. Bagaimana Cara Cek Saldo Bank BNI
  10. Bagaimana Cara Cek IP Address
  11. Bagaimana Cara Cek SK Tunjangan Profesi
  12. Bagaimana Cara Cek Harddisk
  13. Bagaimana Cara Cek Email Yahoo
  14. Bagaimana Cara Cek Domain
  15. Bagaimana Cara Cek Cendol
  16. Bagaimana Cara Cek CDI
  17. Bagaimana Cara Cek Backlink
  18. Bagaimana Cara Cek Data Dapodik Guru
  19. Bagaimana Cara Cek Barang di Tiki
  20. Bagaimana Cara Cek Barang di JNE
  21. Bagaimana Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Caranya Cek CDI Pada Motor Terbaru 2022 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Asmakah

0 komentar:

Posting Komentar